Kesehatan Mental

Standar

Istilah kesehatan mental diambil dari konsep mental hygiene, kata mental berasal dari bahasa Yunani yang berarti kejiwaan . Kata mental memiliki makna persamaan dengan kata psyche yang berasal dari bahasa latin yang berarti Psikis atau Jiwa, jadi dapat diambil kesimpulan bahwa mental hygiene berarti mental yang sehat atau kesehatan mental . Orientasi yang umumnya digunakan dalam kedokteran termasuk psikiatri mengartikan sehat sebgai kondisi tanpa keluhan, baik fisik maupun mental.
Kesehatan mental adalah terhindarnya seseorang dari keluhan dan gangguan mental baik secara neurosis maupun psikosis (penyesuain diri terhadap lingkungan sosial) (Mujib dan Mudzakir , 2001, 2003).
Mental yang sehat tidak akan mudah terganggu oleh Stressor (Penyebab terjadinya stres) sedangkan sehat secara fisik adalah tidak ada keluhan secara fisik. Dalam ranah psikologi pengertian sehat seperti banyak menimbulkan masalah ketika kita berurusan dengan orang-orang yang mengalami gangguan jiwa dan gejalanya adalah kehilangan kontak dengan realitas. Orang-orang seperti itu tidak merasa ada keluhan dengan dirinya meski hilang kesadaran dan tak mampu mengurus dirinya secara layak.
Dengan menggunakan orientasi penyesuaian diri pengertian sehat mental tidak dapat dilepaskan dari konteks lingkungan tempat individu hidup. Oleh karena kaitannya dengan standar norma lingkungan terutama norma sosial dan budaya, kita tidak dapat menentukan menentukan sehat atau tidaknya seseorang dari kondisi kejiwaannya semata . ukuran sehat mental didasarkan pula pada hubungan antara individu dengan lingkungannya . Seseorang yang dalam masyarakat tertentu digolongkan tidak sehat atau sakit mental bisa jadi dianggap sangat sehat mental dalam masyarakat lain. Artinya batasan sehat atau sakut mental bukan sesuatu yang absolute.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s